Keunikan Burung Branjangan

Tampilan, corak warna serta posturnya sekejap benar-benar menyerupai dengan burung Gereja. Akan tetapi kala udah berkicau, tdk mengira, burung kecil ini miliki ragam kicauan yg mumpuni.

Ya, harga burung branjangan sawah yg miliki nama latin Mirafra Javanica ini termasuk juga diantara satu primadona di golongan kicau mania.

Branjangan merupakan nama lokal burung yg dahulu tertulis populasinya banyak diketemukan di lokasi Kulonprogo, Yogyakarta ini.

Konon, burung yg miliki type khas berkicau sambil terbang vertikal ini (hovering) termasuk juga diantara satu burung klangenan.

Berkat, burung ini dapat bisa menggapai umur beberapa puluh th., bahkan juga menggapai 1 zaman.

Walaupun tidak terlalu sering dilombakan, sebagai burung klangenan, branjangan dipelihara oleh pemiliknya dengan penuh kasih sayang, seperti anggota keluarga sendiri.

Menurut Triyana, diantara satu pehobi yg udah belasan th. pelihara Branjangan dilansir oleh hargacara.com.

Bahkan juga, berapa orang yg belum miliki keturunan ada yg yakin, dengan pelihara burung ini, dapat lekas beroleh momongan.

” Diantara satu Branjangan yg saya memelihara turun temurun, dari kakek, papa, senantiasa saya. Kemungkinan usianya diatas seratus th., ” ungkap Triyana.

Sayangnya, walaupun harga cucak ijo ini dapat berumur beberapa puluh th., burung yg senang nongkrong di bebatuan serta semak-semak ini, saat ini termasuk juga susah dijumpai di alam liar.

Di antaranya akibat perburuan liar yg tdk mengacuhkan populasi.
Ditambah lagi, burung yg termasuk juga spesies passeriformes, famili alaudidae ini bisa susah ditangkarkan, maka populasinya jadi lebih mengalami penurunan. Hal tersebut dibenarkan oleh Triyana, diantara satu punggawa Populasi Branjangan Indonesia (KBI).

Sepengalaman Triyana, utk menangkarkan burung yg bulunya menguasai berwarna coklat dengan garis-garis abu-abu serta berbintik hitam ini benar-benar cukup sukar, baca juga harga murai batu .
Diantara satu faktornya, dikarenakan burung ini benar-benar kondang susah jinak.

Kala sistem mengerami telur tiba, pembawaan tdk enteng jinak pengaruhi tabiat burung.
Branjangan dapat terasa tdk nyaman kala dipandang manusia, karena itu, telur tdk dapat menetas dikarenakan ditinggalkan induk yg kuatir.

Sekarang, diantara satu usaha Triyana serta populasi peminat Branjangan biar populasi burung ini senantiasa makin tambah merupakan menangkarkan di alam liar.

Indukan yg di lepaskan, kedepannya cuma dapat di ambil anakannya saja. Di bursa pasaran, harga bakalan burung branjangan cukup terjangkau. Utk bakalan belum jadi dibandrol dimulai dari Rp 200 ribu ke atas.

brg-3

Advertisements

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s